10 Jenis Makan Mengandung Serat, Berguna Turunkan Berat Badan /Diet

KRIKIL SEHAT - Halo krikilers, makanan yang mengandung serat dipercaya oleh banyak orang dapt menurunkan berat badan secara maksimal. Setelah diselidiki ternyata prosesnya tubuh akan menjadi lebih kenyang dan tahan lama, sehingga mampu terhindar dari makan berlebih.


Makanan serat merupakan nutrisi penting yang kerap diabaikan oleh orang. Ada dua jenis serat metabolisme, yakni serat larut dan tidak larut.


Para ahli telah merekomendasikan jumlah serat optimal pada tiap hari untuk masing masing usia dan jenis kelamin. Berikut rekomendasinya.

Baca juga:

Pria dewasa kurang dari 34 gram perhari.

Wanita dewasa tidak lebih dari 28 gram perhari. 


Informasi tambahan terlalu terlalu banyak serat yang masuk dapat menyebabkan perut kembung dan sembelit. Efek samping ini bisa terjadi karena saat Anda mengonsumsi lebih dari 70 gram serat per hari.


Dibawah ini daftar makanan yang mengandung serat larut:


1. Kacang hitam

Kacang hitam merupakan sumber serat yang yang palimg banyak. Dalam 172 gram kacang hitam saja terkandung 15 gram serat.

Manfaat dari acang hitam mengandung pektin, bentuk serat larut yang berfungsi menunda lapar dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.


2. Kubis 

Kubis tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, kubis juga merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Pembagian seratnya, 156 gram kubis terkandung 4 gram serat. Serat larut pada kubis berguna menjadi makanan bakteri usus yang sangat bermanfaat.


3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang sering dijadikan minuman jus buah, Alpukat mengandung serat tinggi. Selain itu, buah ini juga kaya akan lemak tak jenuh, potasium, dan vitamin E. Satu buah alpukat umumnya terdapat 13,5 gram serat larut dan tidak larut.


4. Ubi jalar

 Ubi jalar dikebun Anda mengandung akan potasium, beta karoten, vitamin B, dan serat. Rinciannya Satu ubi jalar berukuran sedang berisi sekitar 4 gram serat, dan setengahnya merupakan serat larut.


5. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran silangan juga mengandung banyak serat. Rinciannya 2,6 gram serat dalam setiap 100 gram brokoli, sebagian besarnya kandungannya merupakan serat larut.

Manfaat tingginya jumlah serat larut dalam brokoli dapat membantu menjaga kesehatan usus.


6. Lobak

Lobak mengandung berbagai macam keunggulan diantaranya potasium, kalsium, vitamin C, dan vitamin K merupakan nutrisi berlimpah yang ada dalam lobak.

Selain itu lobak juga jadi pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan banyak asupan serat. Rinciannya dalam 82 gram lobak umumnya terkandung 1,7 gram serat larut.


7. Pir

Buah pir adalah salah satu sumber vitamin C, potasium, dan senyawa antioksidan, pir juga menjadi sumber serat yang bagus.

Rinciannya adalah dalam satu buah pir berukuran sedang terdapat sekitar 5,5 gram serat. Serat larut menyumbang 29 persen dari total kandungan serat pir.


Perlu diperhatikan bagi Anda yang mengidap iritasi usus besar, buah pir memiliki efek samping pencahar karena kandungan fruktosa dan sorbitolnya yang tinggi.


8. Kacang merah

Tahu tidak diam-diam kacang merah merupakan salah satu sumber serat yang juga terdapat banyak nutrisi seperti karbohidrat kompleks dan protein.

Bagusnya kacang merah juga hampir bebas lemak atau sedikit mengandung lemak dan selain itu mengandung kalsium serta zat besi.


Perlu diperhatikan beberapa orang kesulitan untuk mencerna kacang merah. Manfaat lain dari buah ini meningkatkan asupan kacang merah secara perlahan dapat menghindari kembung.


9. Wortel

Ternyata buah yang tidak asing ini merupakan salah satu ini adalah sayuran yang paling populer. 

Sayuran ini sangat mudah diolah menjadi apa saja.

Disamping itu wortel juga kaya akan serat. Rinciannya sekitar 4,6 gram serat dari 128 gram wortel mentah. Nilai 2,4 gram di antaranya merupakan serat larut.


Tak cuma itu, wortel juga memiliki beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A dan bermanfaat sering dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.


10. Apel

 Manis dan lezat buah apel diisukan dengan rendahnya risiko penyakit kronis. Dalam buah ini terdapat berbagai vitamin dan mineral serta menjadi sumber serat pektin yang baik. Pektin pada apel memiliki banyak keunggulan diantaranya menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan fungsi usus.

 

Nah itulah makanan mengandung serat yang dapat Anda konsumsi, agar tubuh tetap sehat dan berat badan terkontrol diet.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " 10 Jenis Makan Mengandung Serat, Berguna Turunkan Berat Badan /Diet"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sopan. Terimakasih atas kunjungannya.