Rintangan Dan Keindahan Merbabu, Gunung Di Jawa Tengah

Traveling, Muha Muoch - Banyak gunung ada rintangan dan keindahan salah satunya Gunung Merbabu di Jawa Tengah. Gunung Merbabu merupakan salah satu yang memiliki jalur pendakian rintangan yang paling indah. Gunung Merbabu merupakan gunung populer bagi  para pendaki yang tinggal di Solo, Jogja, Semarang serta kota-kota di sekitarnya. Bahkan tidak jarang para pendaki dari luar Jawa Tengah dan luar pulau Jawa traveling pendakian ke gunung Merbabu.
Gunung Merbabu Jawa Tengah

Ada beberapa jalur pendakian di Gunung Merbabu, salah satu jalur favoritenya adalah jalur Selo yang berada di Kabupaten Boyolali. Banyak pendaki dari berbagai kota yang memilih melakukan pendakian melalui jalur ini.

Selo merupakan kecamatan di Kabupaten Boyolali yang berada persis di kaki Gunung Merbabu juga Merapi. Bila Anda melakukan pendakian Gunung Merbabu via Selo, akan dipenuhi pemandangan Gunung Merapi dan jejeran gunung Jawa Tengah lainnya, dalam perjalanan menuju puncak.

Namun track yang akan Anda lalui cukup panjang, jalur pendakian via Selo lebih bersahabat. Kelebihan lainnya jalur Selo sudah sangat terbuka dan terlihat dengan jelas, track yang akan Anda lalui juga tidak naik secara mengejutkan. Sebagai bonus di beberapa titik Anda akan melewati track datar yang nikmat.

Gunung Merbabu Jawa Tengah memiliki ketinggian maksimal 3.145 mdpl. Persiapan fisik harus dilakukan sebelum  mendaki di gunung Merbabu. Cari informasi, karena ada beberapa hal yang harus Anda tahu dan pahami sebelum melakukan pendakian.

Berikut informasinya untuk Anda:

1. Jalur banyak bonus namun cukup panjang

Pendakian Gunung Merbabu via Selo memiliki track cukup panjang Anda harus mendaki lebih jauh menuju puncak Merbabu.

Akan tetapi kabar baiknya, di track pendakian jalur Selo cukup banyak track datar sehingga Anda bisa sedikit bernafas. Hampir 100% pendakian lewat jalur Selo berupa tanah liat. Anda tidak akan menjumpai track pasir sama sekali. Karena status Gunung Merbabu sedang dalam keadaan tidur. Gunung Merbabu meletus terakhir kalinya pada tahun 1797.

2. Sumber air tidak ada

Sarannya, satu orang sebaiknya membawa dua botol air ukuran 1.500 ml. Anda membutuhkan air untuk perjalanan naik, turun, namun juga saat memasak kopi, makanan dan keperluan lainnya.

3. Terdapat tanjakan ekstrim

Pendakian Gunung Merbabu, via Selo Anda akan melewati beberapa bukit dan beberapa tanjakan yang cukup curam. Salah satu bukit dengan track paling mengurus tenaga adalah bukit di atas Pos Batu Tulis. Kemiringan track ini hampir 90 derajat. 

Walaupun tidak terlalu panjang, tanjakan ini membuat pendaki kepayahan. Kedua tangan dan kaki harus bekerja keras saat  nanjak di tanjakan ekstrim tersebut. Kalau Anda kehilangan keseimbangan bisa jatuh dan berakibat menimpa pendaki lain di bawah. Jadi, berhati-hatilah dan fokus saat melewati tanjakan ini.

4. Melewati padang sabana eksotis

Biarpun track yang Anda lewati lumayan panjang dan melelahkan, akan tetapi lebih nikmat disaat melihat pemandangan eksotis yang dipamerkan Gunung Merbabu. Anda melewati beberapa padang sabana, di mana masing-masing tergelar rumput-rumput hijau yang sangat eksotis. Campinglah sebentar di Sabana 1 dan Sabana 2 dan nikmat suasana tenang, sebelum melanjutkan pendakian ke puncak gunung Merbabu.

5. Edelweis bunga khas gunung Merbabu

Anda penggemar bunga edelweis? Gunung Merbabu tak pernah mengecewakan. Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung terbaik di Indonesia untuk menikmati kecantikan bunga edelweis. Vegetasi edelweis di Gunung Merbabu tersebar di lereng bukit di pos Batu Tulis, Sabana 1 dan Sabana 2. Jika beruntung saat sedang musimnya, pemandangan bunga edelweis di Gunung Merbabu ini terlihat sangat cantik dan menggoda. Namun, jangan pernah memetiknya.
Bunga Edelweis gunung Merbabu Jawa tengah

Hormati, hargai, jaga, dan lindungi gunung agar Anda tetap bisa menikmatinya hingga anak cucu nanti.

Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Rintangan Dan Keindahan Merbabu, Gunung Di Jawa Tengah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sopan. Terimakasih atas kunjungannya.