YouTubers Korea Mualaf, Penasaran Kenapa Daging Babi Haram?

KRIKIL Lifestyle, Muha Moch - Sebagian orang Islam sendiri mungkin tidak tahu kenapa alasan daging babi itu haram? Apalagi bagi orang yang baru masuk Islam atau Mualaf. Seperti yang dialami YouTuber Jay Kim, pria asal Korea ini mengalami hal yang sama.
Orang Korea Mualaf

Tepatnya di Negeri K-POP (Korea Selatan), disana daging babi dan alkohol sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Apalagi Jay Kim yang sekarang sudah menjadi mualaf dan juga sudah berganti nama menjadi Daud Kim, tentu menjadi tantangan yang tidak mudah untuk menghindari makanan dan minuman seperti itu.

Sejak bertekad memutuskan masuk Islam, rasa penasaran dan ingin tahu lebih dalam tentang Islam ia terus belajar dan membahas hal-hal yang berkaitan dengan Islam. Termasuk salah satu alkohol dan daging babi yang secara hukum Islam haram.

Beberapa video kini terdapat konten yang membahas mengenai Islam termasuk salah satunya tentang hukum daging babi. Sedangkan di Korea sendiri daging babi dan alkohol menjadi bagian kehidupan yang tak terpisahkan, menjadi komoditas makanan sehari-hari.

Dibimbing ulama setempat yang bernama Karam, Daud Kim dijelaskan mengenai kenapa daging babi itu haram? 

“Para nenek moyang kami berpikir negatif tentang daging babi. Ada pepatah Korea yang mengatakan “daging babi musim panas berbahaya’,” ujar Karam dalam video yang dilihat KRIKIL, Kamis, 10 November 2019.

Diantaranya alasan kenapa daging babi itu haram adalah, daging babi gampang  membusuk kemudian mudah tumbuh parasit dalam dagingnya. 

“Daging babi bukan warisan dari para nenek moyang kita. Ini hanyalah tren dari budaya makanan modern,” lanjut Karam.

Kim kemudian bertanya, "Jika babi itu haram kenapa Allah menciptakannya?" Pertanyaan yang membuat penasaran para pemirsa Youtubenya, terutama penggemar di Negara asalnya Korea Selatan. 

"Allah menciptakan babi sebagai bagian dari mata rantai di mana babi berperan untuk membersihkan kotoran makhluk hidup. Jadi, babi diciptakan bukan sebagai makanan." Jelas Karam.

Penjelasan bahwa daging babi itu bukanlah budaya makanan yang ada di Korean, sangat masuk akal. Karena semenjak dinasti-dinasti jaman dahulu orang Korea sangat paham dengan kesehatan, terutama mengenai makanan.

Lalu kenapa daging babi bisa membudaya dikalangan masyarakat Korea? Jawabannya adalah murah dan melimpah. Sehingga mau tidak mau mereka terpaksa memakannya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "YouTubers Korea Mualaf, Penasaran Kenapa Daging Babi Haram?"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sopan. Terimakasih atas kunjungannya.