Tidur Nabi Muhammad Adalah Tidur Yang Menyehatkan

KRIKIL Sehat, Muha Moch - Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui bagaimana Nabi Muhammad Saw ... Ketika akan dan sedang tidur. Namun mungkin belum mengetahui ternyata tidur Rasulullah adalah tidur yang menyehatkan.
Sunah tidur Rasulullah

Tentang tidur ini juga diabadikan dalam Al-Qur'an Surat Al-Ahzab ayat 21. Bahwa Nabi Muhammad adalah sebaik-baiknya suri tauladan. 

Arti dari Surat Al-Ahzab ayat 21 adalah sebagai berikut: "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah."

Adab Ketika Rasulullah Tidur.

Setelah tiba waktunya Rasulullah untuk tidur, maka beliau akan cepat tidur, ketika waktunya bangun segera cepat-cepat bangun. Perkiraan waktu untuk tidur sekitar pukul 21.45 dan perkiraan bangun tidur adalah pukul 03:00 untuk shalat malam.

Waktu yang digunakan Beliau adalah kurang dari delapan jam sehari, dengan perhitungan 24 jam dalam waktu malam dan siang. Maka Rasulullah menggunakan sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah. 

Adapun adab Rasulullah ketika akan tidur dan sedang tidur ada tujuh, sebagai berikut:

• Posisi tangan dan badan miring kekanan
• Meletakkan tangan dibawah pipi
• Membaca doa lalu meniupkannya ke kedua tangan.
• Tidur setalah Isya'
• Tidur pada awal malam dan bangun pada pertengahan malam
• Tidur hanya beralaskan tikar
• Tidak menyukai tidur tengkurap

Adab Rasulullah ketika hendak tidur agar menyiapkan diri, seperti kita sedang menghadap Tuhan. Sebelum tidur dianjurkan untuk mengambil air wudhu terlebih dahulu seperti sunah yang diajarkan beliau. 

Seperti Hadist dibawah ini:
"Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap, 'Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci.'" (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar RA).

Tidak jarang Rasulullah juga sebelum tidur mendoakan terlebih dahulu orang-orang yang sudah meninggal dalam keadaan terjaga wudhunya.

Seperti dijelaskan padakitab, Tanqih al-Qand al-Hatsis karangan Syekh Muhamad bin Umar an-Nawawi al-Mantany. Dari Umar bin Harits bahwa Nabi bersabda, "Barang siapa tidur dalam keadaan berwudhu, apabila mati di saat tidur, matinya dalam keadaan syahid di sisi Allah."

Rasulullah, sebaik-baiknya tempat tidur adalah sarana istirahat yang nyaman. Ternyata pola tidur Nabi Muhammad SAW adalah tidur paling sehat dan yang telah diakui oleh berbagai pakar kesehatan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tidur Nabi Muhammad Adalah Tidur Yang Menyehatkan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sopan. Terimakasih atas kunjungannya.