Sunah Cara Makan Nabi, Menyehatkan Yang Patut Anda Tiru

KRIKIL Sehat, Muha Moch - Hidup sehat adalah impian setiap umat manusia, memungkinkan seseorang bisa menikmati kehidupan dengan riang gembira, bahagia. Kebutuhan badan adalah makan atau energi, dan kebutuhan jiwa adalah Tuhan atau rohani. Cara makan yang menyehatkan sunah cara Rasulullah tentunya bermanfaat diantaranya bisa memperpanjang usia. 
Contoh makan ala Rasulullah

Nabi Muhammad manusia pilihan Allah kita patut meniru, karena menirumya adalah sunah, apapun yang dicontohkan tidak terkecuali cara beliau makan.Dengan dikaruniai tubuh dan jiwa yang sehat, juga tidak merepotkan keluarga, kerabat dan teman kita. Ibadah pun lebih khusyuk.

Tersiksa terus menerus karena sakit tidak kunjung sembuh, bahkan menahun, ini akan menjauhkan kita dari hidup bahagia, bukan? Maka dari itu, apabila Anda adalah umat muslim, mari dimulai dari sekarang kita  hidup dengan mencontoh apa yang diajarkan dalam Al-Qur'an dan Hadits.

Jika Anda non muslim cara ini tidak berarti harus Anda hindari, karena hidup sehat dan bahagia adalah impian setiap insan.

Dibawah ini adalah contoh adab Nabi Muhammad ketika makan.

Rasulullah tidak makan  sebelum lapar dan makan secukupnya tidak berlebih-lebihan. Cara ini sangat dianjurkan karena yang berlebih-lebihan itu tidaklah baik untuk kesehatan tubuh kita. Menyehatkan secara medis dan inilah cara alami yang diajarkan oleh Nabi.

Ketika Rasulullah sedang makan, adab ini juga lebih baik kita ikuti. Yaitu, makan dengan menggunakan tangan kanan. Ini bukan hanya sebuah budaya, menurut sebuah penelitian cara yang dicontohkan Nabi mengandung kesehatan dan gaya hidup sehat.

Ketika Anda makan dengan tangan kanan maka yang aktif adalah otak kiri, dimana sifat dari otak kiri adalah teratur dan terus aktif. Sedangkan apabila kita makan dengan menggunakan tangan kiri, maka yang aktif adalah otak kanan yang fungsinya imajinatif dan acak.

Kesimpulannya adalah makan dengan menggunakan tangan kanan lebih baik dan pas, untuk meningkatkan kinerja otak kiri, karena untuk melatih fakus.

Ketika Rasulullah hendak minum, terbiasa duduk terlebih dahulu. Ternyata cara ini menyehatkan, setelah ada penelitian dari para ahli kesehatan. 

Dimana ketika kita duduk sebelum minum akan membuka katup, artinya katupnya menerima air sehingga sudah dalam keadaan siap.

Itulah contoh cara makan dan minum yang diajarkan oleh Rasulullah. Semoga apa yang dicontohkan Nabi bisa bermanfaat untuk anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sunah Cara Makan Nabi, Menyehatkan Yang Patut Anda Tiru"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sopan. Terimakasih atas kunjungannya.