Tips Berwisata Menggunakan Sepeda Motor Agar Aman

Krikil Muha Moch - Traveling bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa backpackeran maupun bisa melalui agen wisata.  Selain menggunakan kendaraan umum seperti kereta atau bus, travelling juga dapat memakai sepeda motor.
Tips wisata memakai sepeda motor

Akan tetapi, sebelum memutuskan travelling menggunakan sepeda motor, ada ada beberapa tips dari tim krikil yang sebaiknya Anda perhatikan. Hal ini agar liburanmu lancar dan nggak terganggu. 

1. Cek Motor Dan Lengkapi Surat-surtanya.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraan. Mulai dari rem, gas, kondisi ban dan lain-lainnya ke bengkel. Jangan pertaruhkan keselamatan, merasa bahwa semuanya masih baik dan bagus. 

"Pergilah ke bengkel untuk memeriksa motor ini  sangat sekali, jangan sok tahu dan percayakan pada ahlinya," tutur Herman, pria kelahiran Solo yang hobi wisata pakai motor tersebut.

Jangan kelupaan meskipun sepele tapi surat-surat adalah hal yang mutlak harus dibawa, jangan sampai tertinggal. Kegunaan sangat dibutuhkan sebagai kemanan dan menguntungkan bila mana di jalan ada operasi polisi lalulintas Anda bakal aman. Surat-surat ini SIM,STNK, KTP jangan sampai tertinggal.  

"Mungkin hal yang sering terlupa ketika berwisata menggunakan motor ialah lupa membawa surat-surat kendaraan bermotor dan itu jangan sampai terlewatkan, karena menguntungkan," lanjut, Herman.

2. Pelajari Rute, Jarak, Tujuan Dan Waktu Yang Anda Tempuh

Sebelum Anda memutuskan berwisata dengan memakai sepeda motor ke daerah tujuan wisata, tidak ada salahnya Anda bertanya kepada teman atau browsing terlebih dahulu tentang rute dan jalur yang akan dilewati. Ini sangat diperlukan dan penting agar Anda bisa mendapatkan gambaran tentang kondisi jalan yang Anda akan lalui, untuk perjalanan ke tempat tujuan wisata.

Saran imbuhan, jangan dipaksakan bila Anda bepergian jauh jika waktu libur cuma sedikit. Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan, seperti jarak tempuh, cuaca, dan apa saja fokus agenda wisata Anda di sana dengan waktu yang dimiliki.

"Saran saya, jangan memaksakan kehendak jikalau memang hanya mempunyai waktu cuma libur 2-3 hari pilihlah tempat yang dekat-dekat saja," kata, Herman.

3. Gunakan Helm Jaket Dan Perlengkapan Safety Lainnya sesui standart

Jadikan keamanan berkendara adalah nomor satu, apalagi berkendara menggunakan sepeda motor, keamanan adalah hal yang utama. Gunakan helm berstandar SNI guna melindungi keselamatan bagian kepala selama perjalanan.

Lindungi bagian tubuh, jangan hanya pakai kaos atau kemeja saat saat berkendara, apalagi perjalanan jauh. Pastikan memakai jaket yang aman dan hangat untuk melindungi tubuh dari terpaan angin.

Gunakan juga perlengkapan safety seperti sarung tangan dan sepatu untuk melindungi anggota badanmu.

4. Bawa Kunci-kunci Pembatu

Biar selama perjalanan bertambah lancar, tapi siapa sih yang dapat menjamin perjalanan akan selancar yang Anda pikirkan? Nah, bawalah kunci-kunci kecil bila untuk memperbaiki motor jangan sampai tertinggal, ini sangat penting. Bawa juga busi dan ban cadangan, hal ini untuk mengantisipasi jika tiba-tiba motor mogok atau mengalami masalah pada ban motor.

Itulah tips-tips berwisata menggunakan sepeda motor agar aman. Selamat berakhir pekan, semoga liburan Anda menyenangkan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Berwisata Menggunakan Sepeda Motor Agar Aman"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sopan. Terimakasih atas kunjungannya.