Tampil Awet Muda Jagalah Kulit Dari Paparan Sinar Matahari

Krikil, Sehat Muha Moch - Anda menginginkan agar kulit terlihat lebih sehat, segar dan awet muda terutama dibagian permukaan wajah? Sebagian besar orang tentu memiliki keinginan yang sama seperti Anda.
Menjaga kulit dari sinar matahari agar awet muda

Hal kecil yang dapat Anda lakukan ialah hindari terik sinar matahari secara langsung. Namun, selain selain itu Anda harus tahu cara mencegahnya. Anda juga harus mengetahui, manfaat dan akibatnya dari terik sinar matahari. Karena disetiap apa yang Tuhan ciptakan tentunya memiliki nilai positif dan negatifnya, tidak terkecuali terik sinar matahari.

Berikut rangkuman Sebab dan akibat dari terik sinar matahari, juga pencegahannya:

1. Dapat Merusak Kulit.

Untuk menjaga kulit agar terlihat awet muda terutama kulit wajah hindarkan dari terik sinar matahari langsung. Karena akan mengakibatkan kerusakan kulit serta membuatnya kering dan kusam.

Untuk menjaga atau mendapat kulit yang setia pada kelembabannya, Anda mesti ekstra hati-hati pada sinar matahari. Sebenarnya sinar matahari tidak seburuk itu, karena mengandung sumber vitamin D baik untuk kulit. Cuma saja, ada akibatnya bila terlalu banyak terpapar, idealnya baik apabil matahari masih bertengger di langit saat sebelum jam 9. Selanjutnya, cahaya itu mulai beralih jadi ‘sedikit kejam’ pada kulit dan Anda harus segera menghindar.

Bila Anda seorang yang sering beraktivitas diluar ruang pada siang hari, maka gunakan lotion tabir surya. Tabir surya atau sunscreen yang Anda poles pada kulit sebaiknya yang memiliki kandungan minimum SPF15. Pemakalah tabir surya secara teratur, baik pada musim panas maupun musim dingin, bakal melindungi kulit tetap awet muda dan segar.

2. Memunculkan Tanda Penuaan

Terpapar sinar matahari berlebih membuat kulit mengalami berbagai perubahan dari warna hingga teksturnya. Dikarenakan, seiring berjalannya waktu, sinar UV merusak serat di kulit yang disebut elastin. Ketika serat ini rusak maka kulit akan mengendur dan meregang.

Paparan sinar matahari berlebih juga menyebabkan kulit mengalami bintik putih dan juga gelap. Selain itu, Anda juga akan merasakan kulit yang lebih kasar dari biasanya dan juga kering. Saat terlalu kering, kulit akan mudah keriput sehingga Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Usahakan menggunakan pakaian yang menutupi kulit seperti celana dan baju berlengan panjang. Anda juga bisa mengenakan topi dengan tepian yang lebar untuk membantu melindungi tubuh dari bahaya sinar matahari.

3. Risiko Kanker Kulit

Paparan sinar matahari selain dapat menyebabkan kulit terbakar juga akan merusak DNA dan merusak sistem kekebalan kulit yaitu jenis cahaya UVB. Sementara sinar matahari UVA  dapat menembus dan merusak membran sel kulit serta DNA di dalamnya.

Kerusakan yang lama hingga  bertahun-tahun dan bertambahnya usia meningkatkan risiko terkena kanker kulit seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma ganas. Untuk mencegah resiko tersebut gunakanlah pelembap atau krim khusus sinar matahari.

Saat kulit sudah terkena efek buruk sinar matahari seperti terbakar atau tanda-tanda penuaan, Anda oleskan pelembap atau krim khusus untuk meregenerasi kulit. Tujuannya, agar kulit dapat lebih cepat pulih dan terhindar dari kerusakan yang lebih besar.

Gunakan krim yang memiliki kandungan Centella asiatica atau daun pegagan. Tanaman yang satu ini sudah terbukti efektif mengatasi berbagai masalah kulit dan meredakan iritasi. Tanaman ini juga mampu memperbaiki lapisan kulit terluar dengan proses penggantiannya regenerasi kulit baru yang lebih sehat dan kencang.

Itulah sebab, akibat dan pencegahannya dalam merawat kulit terutama kulit wajah dari sinar matahari, agar tetap sehat dan terlihat awet muda.

Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tampil Awet Muda Jagalah Kulit Dari Paparan Sinar Matahari"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sopan. Terimakasih atas kunjungannya.