5 Wisata Ambarawa Instagramable, Alam Dan Sejarah Tidak Pernah Terpisah


KRIKIL TRAVELING, Muha Moch -  Bila Anda berkunjung ke Ambarawa sekaligus wisata alam, sejarah dan kuliner yang Instagramable Anda tidak salah. Ambarawa memiliki banyak sekali tempat wisata yang tentunya Instagramable kekinian.
5 Wisata Ambarawa Instagramable

Sebelumnya mengunjungi 5 wisata Ambarawa Instagramable mari berkenalan dulu mengenai Ambarawa itu sendiri, sebagai referensi perkenalan.

Sejarah Singkat Ambarawa

Ambarawa terletak di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Semarang, Ambarawa adalah sebuah kecamatan. Jaman dahulu Ambarawa pernah menjadi ibukota Kabupaten Semarang. Pada era kerajaan Ambarawa masuk dalam kawasan kerajaan dan dikenal dengan sebutan Limbarawa.

Karena banyaknya sejarah perjuangan melawan penjajah, Ambarawa juga sering disebut kota Palagan. Terdapat tempat atau situs sejarah diantaranya Musium Palagan, Musium kereta api jaman penjajah dan yang masih terlihat terawat adalah peninggalan Belanda yaitu Benteng William l. Ini cocok untuk wisat bersama keluarga, terutama bersama Anak Anda, sebagai pengenalan sejarah.

Dari segi demografi, Ambarawa memiliki curah hujan yang cukup signifikan terutama saat musim bulan penghujan dan memiliki musih kemarau yang lebih pendek. Sementara dirasakan dari segi suhu Ambarawa bersuhu rata-rata 23.8, karena terpengaruh dengan curah hujan.

Ambarawa mempunyai pemandangan alam yang sangat menakjubkan, diantaranya dikelilingi pegunungan seperti gunung Merbabu, gunung Ungaran, gunung Telomoyo dan gunung Merapi. Terdapat danau luas dan penuh tanda tanya misteri didalamnya, yaitu danau Rawa Pening sangat eksotis nun cantik. Instagramable bagi kaum milenial.

Ok, karena sudah berkenalan dengan Ambarawa saat Admin membahas 5 Wisata Ambarawa Instagramable, alam dan sejarah tidak pernah terpisahkan.

Tempat Wisata Ambarawa

1. Monumen Palagan

Seperti yang telah diceritakan di atas bahwa Ambarawa memiliki banyak sekali sejarah, termasuk salah satunya Wisata Monumen Palagan. Monumen dari simbol pertempuran Palagan pada 12 Desember sampai 15 Desember 1945. Ketika itu pasukan TKR pimpinan Kolonel Soedirman berhasil memukul mundur sekutu. Dari sejar Ambarawa itulah dicetuskan sebagai Hari Infanteri Nasional.
Monumen Palagan Ambarawa

Dalam Musium Palagan menyimpan berbagai koleksi senjata, kendaraan tempur, pakaian dan barang lain yang dipergunakan dalam Pertempuran Ambarawa.

Wisatawan juga dapat melihat peninggalan pemerintahan Jepang dan Belanda, seragam para tentara Jepang dan Belanda, senjata perang, seragam tentara Indonesia, dan barang bersejarah lain. Menarik sebagai pembelajaran sejarah anak Anda.

Disain dari Musium Palagan berbentuk bangunan joglo sesuai arsitektur budaya Jawa Tengah, Museum tempat wisata Ambarawa. Pengunjung dapat memahami sejarah sambil mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan Negara tercinta ini.

Alamat: Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
Jam Buka: 08.00-18.00


2. Benteng Willem atau Benteng Pendem

Bangun bersejarah Ambarawa lainya iyalah Benteng Fort Willem I atau lebih dikenal dengan nama Benteng Pendem Ambarawa. Benteng tempat wisata ambarawa ini dibangun pada tahun 1834 dan selesai 1845.
Benteng Pendem Ambarawa

Pas, kondisi benteng peninggalan ini masih sangat otentik. Keaslian bangunan masih tetap sama seperti zaman dahulu. Benteng ini memiliki dua tingkat, tetapi pengunjung hanya bisa menjangkau lantai dasar, karena rapuh dimakan usia.

Di Benteng Pendem ini wisatawan bakal merasakan kembali ke jaman penjajah Belanda, karena memang benar-benar masih terjaga. Inilah  kenapa sangat Instagramable untuk dijadikan momen foto.

Tidak jarang Benteng Pendem sering dijadikan foto prewedding, bagi calon suami istri. Apakah Anda tertarik untuk prewedding di Benteng Pendem.

Alamat: Kelurahan Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Tiket: Gratis
Jam Buka: 08.00-17.00


3. Danau Rawa Pening

Rawa Pening merupakan salah satu ikon dari Ambarawa, memiliki luas 2.679 hektar banyak ditumbuhi eceng gondok.
Wisata rawa pening Ambarawa

Rawa Pening di kelilingi oleh gunung, gunung Ungaran, gunung Merbabu, gunung Merapi dan gunung Telomoyo. Sanga indah bila Anda berwisata di Rawa Pening, terdapat banyak objek wisata alam yang di sajikan. Mulai dari warung makan di tengah danau, warung kopi, wisata di bibir danau hingga mancing di tengah danau.

Hunting foto di danau ini paling seru saat pagi dan sore hari, dengan obyek paling utama tentu warga setempat yang sedang menjala ikan dengan background sunrise atau sunset.

Alamat: Jalan Ligkar selatan kilometer 3 ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa tengah.
Tiket: 2.500
Jam Buka: 08.00-21.00


4. Candi Gedong Songo

Pengunjung dapat menaiki candi mulai dari Candi I hingga seterusnya. Setiap candi menawarkan pemandangan yang berbeda – beda. Semakin tinggi, pemandangan akan semakin indah, ditambah kabut tipis yang menyelimuti.
Wisata alam candi gedong songo

Kompleks Candi Gedong Songo terletak di kaki Gunung Ungaran. Yaitu pada ketinggian 1.200 mdpl. Tidak heran, jika suhu di tempat wisata ambarawa ini sangat sejuk. Yakni berkisar diantara 19 – 27 celcius.

Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan lingkungan yang hijau. Pepohonan tinggi berjajar membentuk barisan rapi. Pelatarannya pun ditumbuhi rumput segar serta bunga warna – warni yang menghiasi semak.

Bagi pengunjung tempat wisata ambarawa ini yang enggan berjalan kakai, bisa menyewa kuda. Di pintu masuk area candi, pengunjung akan ditawari persewaan kuda. Pengunjung pun dapat memilih paket candi yang akan dikunjungi.

Alamat: desa Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 10.000
Jam Buka: 06.30-18.00


5. Pasar Kriya

Sebagai pusat belanja berbagai macam kerajinan, di tempat wisata ambarawa ini banyak sekali ditemui berbagai macam hasil karya atau kerajinan Jawa Tengah. Mulai dari batik, kerajinan anyaman bambu, anyaman eceng gondok, berbagai kerajinan bunga, kerajinan dari kuningan, hingga aneka mainan mobil-mobilan.
Pasar kria wisata

Pasar Kriya Jawa Tengah merupakan pusat tempat belanja berbagai macam kerajinan asal Jawa Tengah. Karena keberadaannya yang terletak di tepi jalan jalur utama Semarang – Solo membuat pasar ini selalu ramai dan hampir tak pernah tutup dalam setiap harinya.

Bahkan ditempat ini juga ada berbagai macam peralatan rumah tangga seperti wajan untuk menggoreng, peralatan untuk menyambal (cowek dan munthu) sapu bahkan kentongan yang terbuat dari akar bambu, atau berbagai macam kerajinan yang terbuat dari akar bambu.

Alamat: Jln. Fatmawati no.163, Desa Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Tiket: Gratis
Jam Buka: 06.00-18.00


Menuju Ambarawa.

Bagi Anda dan keluarga ada rencana  liburan di daerah Kabupaten  Semarang khususnya ke Ambarawa beriku rutenya. Menuju Ambarawa membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dari Semarang atau sekitar dua jam dari Yogyakarta. Terminal bus di Ambarawa adalah Terminal Bawen. Jika Anda berada di Semarang, lanjutkan ke Terminal Bus Terboyo. Pergi ke Ambarawa, bus biasanya terus Yogyakarta.

Tentunya masih banyak lagi, ikon Ambarawa yang belum termuat dalam artikel ini. Semoga artikel sederhana ini memberikan informasi yang Anda butuhkan.

Jangan lupa baca artikel lainya di Blog ini. Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Wisata Ambarawa Instagramable, Alam Dan Sejarah Tidak Pernah Terpisah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sopan. Terimakasih atas kunjungannya.